Menolak asumsi negatif kemampuan bekerja penyandang disabilitas

Sudah tidak jaman lagi percaya dengan pandangan negatif yang meragukan kapasitas penyandang disabilitas dalam bekerja. Alat-alat bantu bagi penyandangn disabilitas telah diproduksi dalam berbagai bentuk dan fungsi. Dengan kata lain, tidak ada alasan bagi perusahaan untuk mengakomodir mereka untuk mengaktualisasikan diri. Perbedaan yang dimiliki para penyandang disabilitas seringkali menjadi alasan perusahaan enggan untuk merekrut mereka. Padahal, tindakan tersebut justru semakin mendiskriminasi mereka dalam melakukan peran di masyarakat. Namun, tidak sedikit juga perusahaan yang justru memberikan peran lebih kepada mereka. Bahkan, bebarapa perusahaan tertentu justru memiliki konsep yang sangat inspiratif, yakni salah satu syarat untuk menjadi pegawai adalah memiliki status sebagai penyandang disabilitas.

Yang menarik adalah banyak orang-orang yang memberikan perhatian khusus bagi mereka penyandang disabilitas dengan membuka seluas-luasnya peluang untuk bekerja. Semua orang dewasa terutama para penyandang disabilitas pasti berharap untuk mengaktualisasikan diri melalui peran yang diemban di masyarakat. Dengan kata lain, aktualisasi diri adalah kebutuhan bagi setiap orang. Dalam hal ini, memberikan peran sama halnya memberikan kesempatan bagi mereka untuk bermanfaat bagi orang lain. Para penyandang disabilitas hanya perlu menemukan potensinya masing-masing dan tidak harus banyak. Yang terpenting adalah menekuni bidang tersebut secara terus-menerus dan menjadi seorang professional. Tidak sedikit para penyandang disabilitas yang menjadi seorang professional dan memang bias diandalkan.

Lebih dari pada itu, beberapa diantara mereka justru berkarya secara mendiri dan bahkan mendirikan usaha dimana mereka juga merekrut para penyandang disabilitas lainnya. Langkah tersebut menjadi inspirasi bagi semua orang bahwa tidak ada batasan untuk bermanfaat bagi orang lain selama yakin bahwa setiap orang memiliki potensi yang harus dikembangkan.

Dengan semakin cepatnya perkembangan produksi alat bantuk bagi para penyandang disabilitas, tidak ada lagi alasan bagi para penyandang disabilitas untuk merasa minder dengan yang lain. Yang terpenting adalah segera menemukan potensi masing-masing untuk dipersiapkan sebelum masuk di dunia profesional. Semakin cepat untuk mengembangkan keterampilan, semakin besar peluang untuk mengambil peran yang lebih besar.